Wiki Indonesia - Tulis Seluruh Pengetahuan Indonesia Bersama Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
     


Koloni

Koloni ( tanah Jajahan ).
Dalam arti luas: pemukiman warga suatu negara di wilayah di luar negara
biasanya suatu wilayah di seberang lautan, yang kemudian mereka nyatakan sebagai wilayah mereka.




Bentuk-bentuk Koloni dibedakan antara Lain sebagai berikut:
1) koloni penduduk:Sejumlah besar warga negara yang melakukan koloni menetap di daerah koloni; penduduk pribumi didesak, diusir, dimusnahkan, diasimilasikan, dijadikan golongan minoritas atau sama sekali diabaikan keikutsertaannya dalam pemerintahan.
2) daerah-daerah koloni dengan sejumlah besar atau sejumlah kecil golongan pribumi yang tetap memiliki struktur kemasyarakatan mereka; dalam hal ini golongan kolonisator yang bermukim hanya kecil, dan mereka menduduki posisi pimpinan.
3) koloni kelebihan penduduk: motivasi koloni bangsa Italia dan Jepang.
4) koloni deportasi: tanah koloni yang dikerjakan oleh orang-orang buangan, misalnya: Australia;
5) koloni eksploatasi: daerah koloni yang hanya dipentingkan untuk mencari keuntungan seadiri.
6) koloni sekunder: tanah-tanah koloni yang tidak menguntungkan ibu negara, tetapi perlu dipertahankan demi kepentingan strategi.
7) tiang penunjang koloni: biasanya Rotakota pelabuhan atau pulau-pulau kecil, yang herfungsi sebagai pangkalan militer, perkembangan kekuasaan dan/atau untuk pangkalan-pangkalan perdagangan dengan daerah pedalaman.

SEJARAH. Perkembangan politik kolonial modern mulai tumbuh pada abad ke- 16, sebagai kelanjutan dan berbagai penemuan besar.
Sebagai golongan kolonisator pertama dapat digolongkan bangsa Spanyol dan Portugis (Amerika Latin). Dalam abad ke-17 bangsa-bangsa Inggeris, Perancis dan Belanda tampil ke depan;
terutama di Amerika Utara, Hindia Barat, Hindia Muka dan Hindia Belanda. Abad ke-19 merupakan titik puncak perkembangan politik kolonial.
Hampir seluruh Benua Afrika berada di tangan negara KOLONI.

[1]

[top]Reference & Resources

  1. ^ Ensiklopedi Indonesia, 1992, Penerbit PT Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, PT Intermasa, Jakarta


2.724x tampil
Halaman terakhir diedit oleh Megha, pada Sel, 12-07-11 17:53


Page Tools
Search this Page



Wiki Indonesia

Wiki Indonesia adalah lembaga non profit buatan Indonesia, dalam bahasa Indonesia dan juga dalam puluhan bahasa daerah yang beraneka ragam di Indonesia, bertujuan untuk membangun pusat pengetahuan Indonesia bersama. Mari ikut berbagi pengetahuan anda, ajak keluarga dan teman anda, dengan Buat Halaman Baru, atau Edit memperbaharui halaman yang sudah ada