Wiki Indonesia - Tulis Seluruh Pengetahuan Indonesia Bersama Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
     


Luxembourg

Negara monarki konstitusional di Eropa Barat; berbatasan dengan Belgia di Barat dan utara. Perancis di selatan, dan Jerman di timur. Luas: 2.586 km2. Penduduk: 400.000 (1995). Kepadatan penduduk: 155/1cm2. Ibu kota: Luxembourg. Bahasa resmi: Letzeburg, Perancis, dan Jerman. Satuan mata uang: Franc Luxembourg (Lux F).

Politik. Pada tanggal 2 Juli 1992, Luxembourg menjadi negara anggota kedua ME (*Uni Eropa) — setelah Irlandia yang mengesahkan Traktat Maastricht, yang sebelumnya disetujui oleh kepala pemerintahan 12 negara anggota ME. Persetujuan Luxembourg atas traktat tersebut diambil setelah melalui pcrdcbatan sengit dan pemungutan suara di parlemen. Pakta mi mengharuskan Luxembourg merevisi konstitusinya karena adanya perbedaan mendasar dalam hal mata uang bersama dan diperbolehkannya warga negara anggota ME ikut serta dalam pemilu di negara ME lainnya (tempat ia berdomisili).

Pemerintahan Koalisi PCS (Parti Chretien Social, Partai Sosial Kristen) dan POSL (Parti Ouvrier Socialiste Luxenibourgeois, Partai Pekerj a Sosialis Luxembourg) berhasil mempertahankan kekuasaannya dalam pemilu bulan Juni 1994. Jacques Santer dilantik kembali sebagai perdana mcnteri. Namun pada awal 1995 ia mengundurkan diri karena terpilih menjadi presiden Komisi Uni Eropa. Jean-Claude Juncker menggantikannya sebagai perdana menteri.
Ekonomi. Perekonomian Luxembourg berj alan stabil. Produk Nasional Bruto negeri mi sepanjang tahun 1980—I 991 dalam nilai dil rata-rata naik sebesar 4,2% per tahun; peningkatan jumlah penduduk ratarata dalam waktu yang sama hanya sebesar 0,4%. Industri manufaktur memberikan kontribusi terbesar dalam Produk Domestik Bruto sepanjang tahun 1990, yaitu sebesar 25,9%.

Luxembourg menjadi salah satu pusat keuangan dunia karena peraturan di bidang perpajakan dan moneter yang kondusif. Sebagai contoh, pada tahun 1991 dilakukan deregulasi di bidang perpajakan sehingga pajak yang dikcnakan bagi perseorangan dan Perusahaan menjadi lcbih rendah. Tetapi apabila Luxembourg tidak melakukan diversifikasi perekonomian, maka penyatuan Eropa dapat mengancam Investasi asing yang sekarang dinikmati oleh Luxembourg.

Skandal Perbankan. Pada 5 Juli 1991, seluruh kegiatan Bank- of Credit and Commerce International (BCCI) dan seluruh asetnya dibekukan, baik di kantor pusat di Luxembourg maupun di cabang-cabangnya di enam negara lainnya (Inggris, Swiss, AS, Spanyol, Perancis, dan Kep. Cayman). Hal mi dilakukan karena Bank ini digunakan untuk money laundry (pemutihan uang) dan berbagai kegiatan ilegal, antara lain oleh penggelap pajak, penyelundup senjata, pedagang obat bius, dan pejabat penerima suap. Pada bulan Oktober 1992, pemegang saham mayoritas BCCI — emir dad Uni Emirat Arab barn dapat menyediakan kompensasi 30—40% dad kerugian nasabah akibat dibekukannya aset dan kegiatan bank ini. [1]

[top]Reference & Resources

  1. ^ Ensiklopedi Indonesia, 1992, Penerbit PT Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, PT Intermasa, Jakarta


640x tampil
Halaman terakhir diedit oleh imnanay, pada Rab, 18-05-11 19:05


Page Tools
Search this Page



Wiki Indonesia

Wiki Indonesia adalah lembaga non profit buatan Indonesia, dalam bahasa Indonesia dan juga dalam puluhan bahasa daerah yang beraneka ragam di Indonesia, bertujuan untuk membangun pusat pengetahuan Indonesia bersama. Mari ikut berbagi pengetahuan anda, ajak keluarga dan teman anda, dengan Buat Halaman Baru, atau Edit memperbaharui halaman yang sudah ada