Wiki Indonesia - Tulis Seluruh Pengetahuan Indonesia Bersama Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
     


Pizza Hut


Pizza Hut adalah jaringan restoran waralaba Amerika dan Internasional yang menawarkan gaya yang berbeda pizza bersama dengan lauk termasuk pasta, buffalo wings, breadsticks, dan roti Bawang putih.

Pizza Hut adalah anak Perusahaan dari Yum! Merek, Inc, (perusahaan restoran terbesar di dunia.) Menurut website perusahaan, ada lebih dari 6.000 restoran Pizza Hut di Amerika Serikat, dan lokasi toko lebih dari 5.600 di 94 negara dan teritori di seluruh dunia.


Pizza Hut mulai bergulir pada 1958, di Wichita, Kansas. Ketika itu dua pemuda bernama Dan Carney dan Frank Carney sedang menggebu mewujudkan impian mereka. Sebuah impian yang masih terdengar asing di telinga masyarakat amerika saat itu, yakni mendirikan restoran pizza.

Dengan modal pinjaman sebesar 600 dolar saat itu dari sang ibu, dua saudara kandung ini mulai merealisasikan impian mereka. Modal awal itu mereka gunakan untuk membeli peralatan seken. Sebagian dolar lainnya dipakai untuk menyewa gedung kecil di persimpangan jalan yang sangat sibuk di kota mereka.

Hasilnya, sebuah restoran pizza pertama berdiri di Wichita, Kansas, pada 15 Juni 1958. Pada malam pembukaannya, Dan dan Frank memberikan pizza secara gratis. Langkah tersebut dilakukan untuk menggelitik minat para penggemar pizza di Amerika yang jumlahnya lumayan besar.

Sebenarnya restoran pizza pertama hadir di Amerika pada dekade 1930-an. Pada edisi November 1957, Saturday Evening Post menurunkan tulisan bahwa jumlah penggemar pizza mencapai 18 ribu orang. Penjualan pizza dalam seminggu dapat mencapai 200 hingga 1.000 pizza.

Peluang besar tersebut yang berusaha diambil oleh Dan dan Frank. Keduanya lalu memberikan pizza gratis di malam pertama pembukaan restoran pizza mereka. Sayang, saat itu mereka belum memiliki nama yang tepat bagi restoran tersebut.

Pada saat mendekorasi gedung sewaan, Carney bersaudara hanya memiliki 25 kursi. Gedung sewaan itu sendiri hanya memiliki papan nama yang hanya cukup memuat sembilan karakter huruf. Dari sembilan huruf tersebut, Dan dan Frank menginginkan nama ‘pizza’ termasuk yang dicantumkan pada papan nama.

Dengan demikian ruang pada papan nama hanya menyisakan tiga karakter huruf lagi. Dan dan Frank pun kebingungan untuk mengisi kekosongan ruang papan nama, hingga akhirnya sebuah ide terlontar dari salah seorang anggota keluarga mereka. Melihat restoran kreasi Dan dan Frank yang nampak hut, sang saudara itu mengusulkan kata hut untuk mengisi tiga karakter huruf pada papan nama.

Begitulah, nama Pizza Hut akhirnya lahir dari reaksi spontan seseorang setelah melihat bangunan restoran pizza yang hut tadi.

Kini Pizza Hut menjadi salah satu restoran terbesar dan terkenal di dunia. Di AS sendiri Pizza Hut tersebar merata di 7.200 lebih unit. Dan di 90 negara ada sebanyak 12 ribu gerai Pizza Hut dengan jumlah karyawan sebanyak 300 ribu orang.

Dalam setahun ada sekitar 4,2 miliar pembelian pizza. Dalam hitungan minggu, ada sebanyak 11,5 juta pembelian pizza dengan puncak pembelian jatuh pada hari-hari Jumat dan Sabtu.

Dan Carney & Frank Carney pendiri pizza hut


Official website :
www.pizzahut.co.id
www.pizzahut.com


[2]

[top]Reference & Resources

  1. ^ Images : kaskus.us
  2. ^ kaskus.us


791x tampil
Halaman terakhir diedit oleh HulkHogan, pada Kam, 27-10-11 10:15


Page Tools
Search this Page



Wiki Indonesia

Wiki Indonesia adalah lembaga non profit buatan Indonesia, dalam bahasa Indonesia dan juga dalam puluhan bahasa daerah yang beraneka ragam di Indonesia, bertujuan untuk membangun pusat pengetahuan Indonesia bersama. Mari ikut berbagi pengetahuan anda, ajak keluarga dan teman anda, dengan Buat Halaman Baru, atau Edit memperbaharui halaman yang sudah ada